Label

8 Jan 2013

Artikel


SIKLUS HIDROLOGI
(PENDEK, SEDANG,  DAN PANJANG)

1.     Siklus hidrologi Pendek

Laut => penguapan => kondensasi => awan =>hujan di laut

Siklus hidrologi pendek ini terjadi karena hanya melalui tiga dari sembilan komponen proses sikuls hidrologi. Siklus hidrologi pendek ini pertama terjadi proses evaporasi atau penguapan air dari laut, kemudian uap air tersebut melakukan kondensasi berupa titik-titik air embun. Dari proses kondensasi, uap air yang telah terkumpul banyak dalam awan mengalami presipitasi dengan menurunkannya dalam bentuk hujan.


2.   Siklus hidrologi sedang 

 

  Laut=>penguapan=>H2Odalam gas=>kondensasi=>awan=>hujan=>sungai=>laut

Pada siklus sedang, uap air yang berasal dari lautan ditiup oleh angin menuju ke daratan. Di daratan uap air membentuk awan yang akhirnya jatuh sebagai hujan di atas daratan. Air hujan tersebut akan mengalir melalui sungai-sungai, selokan dan sebagainya hingga kembali lagi ke laut.

3.   Siklus hidrologi panjang

 

Laut=>penguapan=>pengkristalan(sublimasi)=>salju=>hujan=>gletser=>sungai=>laut

Pada siklus panjang, uap air yang berasal dari lautan ditiup oleh angin ke atas daratan. Adanya pendinginan yang mencapai titik beku pada ketinggian tertentu, membuat terbentuknya awan yang mengandung kristal es. Awan tersebut menurunkan hujan es atau salju di pegunungan. Di permukaan bumi es mengalir dalam bentuk gletser, masuk ke sungai dan selanjutnya kembali ke lautan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar