PENGERTIAN
PENDIDIKAN
MENURUT PARA
AHLI
1.
Pendidikan
Menurut Carter V. Good
Pendidikan adalah proses perkembangan
kecakapan seseorang dalam bentuk sikap dan perilaku yang berlaku dalam
masyarakatnya. Proses sosial dimana seseorang dipengaruhi oleh sesuatu
lingkungan yang terpimpin (khususnya di sekolah) sehingga ia dapat mencapai
kecakapan sosial dan mengembangkan kepribadiannya.
2.
Pendidikan
Menurut Godfrey Thomson
Pendidikan adalah pengaruh lingkungan
atas individu untuk menghasilkan perubahan yang tepat didalam kebiasaan tingkah
lakunya, pikiran dan perasaannya.
3.
Pendidikan
Menurut UNESCO
UNESCO menyebutkan bahwa: “education is
now engaged is preparinment for a tife
Society which does not yet exist” atau
bahwa pendidikan itu sekarang adalah untuk mempersiapkan manusia bagi suatu
tipe masyarakat yang masih belum ada. Konsep system pendidikan mungkin saja
berubah sesuai dengan perkembangan masyarakat dan pengalihan nilai-nilai
kebudayaan (transfer of culture value). Konsep pendidikan saat ini tidak dapat
dilepaskan dari pendidikan yang harus sesuai dengan tuntutan kebutuhan
pendidikan masa lalu,sekarang,dan masa datang.
4.
Pendidikan
Menurut Thedore Brameld
‘’Education as power means copetent and
strong enough to enable us,the majority of people,to decide what kind of a
world‘’. (Pendidikan sebagai kekuatan berarti mempunyai kewenangan dan cukup
kuat bagi kita, bagi rakyat banyak untuk menentukan suatu dunia yang macam apa
yang kita inginkan dan macam mana mencapai tujuan semacam itu).
5.
Pendidikan
Menurut Robert W. Richey
Robert W. richey menyebutkan bahwa istilah
pendidikan mengandung fungsi yang luas dari pemelihara dan perbaikan kehidupan
suatu masyarakat, terutama membawa warga masyarakat yang baru mengenal tanggung
jawab bersama di dalam masyarakat. Jadi pendidikan adalah suatu proses yang
lebih luas daripada proses yang berlangsung di dalam sekolah saja. Pendidikan
adalah suatu aktivitas sosial yang memungkinkan masyarakat tetap ada dan
berkembang. Di dalam masyarakat yang kompleks, fungsi pendidikan ini mengalami
spesialisasi dan melembaga dengan pendidikan formal yang senantiasa tetap
berhubungan dengan proses pendidikan informal di luar sekolah.
6.
Pendidikan
menurut Juhn Dewey
Pendidikan adalah suatu proses
pembaharuan makna pengalaman, hal ini mungkin akan terjadi di dalam pergaulan
biasa atau pergaulan orang dewasa dengan orang muda, mungkin pula terjadi
secara sengaja dan dilembagakan untuk untuk menghasilkan kesinambungan social.
Proses ini melibatkan pengawasan dan perkembangan dari orang yang belum dewasa
dan kelompok dimana dia hidup.
7.
Pendidikan
menurut H. Horne
Pendidikan adalah proses yang terus
menerus (abadi) dari penyesuaian yang lebih
tinggi bagi makhluk manusia yang telah berkembang secara fisik dan mental, yang bebas dan sadar kepada vtuhan, seperti termanifestasi dalam alam sekitar intelektual, emosional dan kemanusiaan dari manusia.
tinggi bagi makhluk manusia yang telah berkembang secara fisik dan mental, yang bebas dan sadar kepada vtuhan, seperti termanifestasi dalam alam sekitar intelektual, emosional dan kemanusiaan dari manusia.
8.
Pendidikan
menurut Frederick J. Mc Donald
Pendidikan adalah suatu proses atau
kegiatan yang diarahkan untuk merubah tabiat (behavior) manusia. Yang dimaksud
dengan behavior adalah setiap tanggapan atau perbuatan seseorang, sesuatu yang
dilakukan oleh sesorang.
9.
Pendidikan
menurut M.J. Langeveld
Pendidikan adalah setiap pergaulan yang
terjadi adalah setiap pergaulan
yang terjadi antara orang dewasa dengan anak-anak merupakan lapangan atau suatu keadaan dimana pekerjaan mendidik itu berlangsung.
yang terjadi antara orang dewasa dengan anak-anak merupakan lapangan atau suatu keadaan dimana pekerjaan mendidik itu berlangsung.
10.
Pendidikan
menurut Ki Hajar Dewantara
Pendidikan sebagai daya upaya untuk memajukan
budi pekerti, pikiran serta jasmani anak, agar dapat memajukan kesempurnaan
hidup yaitu hidup dan menghidupkan anak yang selaras dengan alam dan
masyarakatnya.
11.
Pendidikan
menurut Darmaningtyas
Definisi pendidikan yaitu pendidikan sebagai
usaha dasar dan sistematis untuk mencapai taraf hidup dan kemajuan yang ledih
baik.
12. Pendidikan menurut Paulo Freire
Pendidikan merupakan jalan menuju
pembebasan yang permanen danterdiri dari dua tahap. Tahap pertama adalah masa
dimana manusia menjadi sadar akan pembebasan mereka, damana melalui praksis
mengubah keadaan itu. Tahap kedua dibangun atas tahap yang pertama, dan
merupakan sebuah proses tindakan kultural yang membebaskan.
13. Pendidikan menurut Prof. Dr. Dedi Supriadi
Pendidikan merupakan salah satu fungsi
yang harus dapat dilakukan dengan sebaik-baiknya oleh keluarga dan masyarakat
secara terpadu dengan berbagai institusi yang memang diadakan dengan sengaja
untuk mengembangkan fungsi pendidikan
14 Pendidikan menurut
Girex B
Definisi pendidikan
adalah berbagai upaya dan usaha yang dilakukan orang dewasa untuk mendidik
nalar peserta didik dan mengatur moral mereka.
15.
Pendidikan Menurut Dr. Sutari Imam Bernadib
Berpendapat bahwa
ilmu pendidikan adalah mempelajari suasana dan proses-proses pendidikan. Proses
yang dimaksud adalah cara-cara yang dilakukan untuk memperoleh pendidikan
secara sistematis dan bertahap.
16.
Pendidikan menurut M. Fuad Abdillah
Pendidikan
kewarganegaraan merupakan usaha membekali peserta didik dengan pengetahuan dan kemampuan
dasar yang berkenaan dengan hubungan antar warga negara dengan negara serta pendidikan
pendahuluan bela negara agar menjadi warga negara yang dapat diandalkan oleh bangsa
dan negara.
17. Pendidikan
menurut Drs. M. Ngailim Purwanto
Ilmu pendidikan
ialah ilmu pengetahuan yang menyelidiki, merenungkan tentang gejala-gejala perbuatan
mendidik
18. Pendidikan menurut Prof. Dr. Iman Barnadib di
fakultas filsafat UGM
Pendidikan adalah
usaha sadar dan sistematis untuk mencapai taraf hidup atau kemajuan yang lebih baik.
19. Pendidikan menurut Hartoto
Pendidikan adalah
usaha sadar, terencana, sistematis, dan terus-menerus dalam upaya memanusiakan
manusia.
20. Pendidikan menurut Ngalim Purwanto
Pendidikan adalah
segala urusan orang dewasa dalam pergaulannya dengan anak-anak untuk memimpin
perkembangan jasmani dan rohaninya kearah kedewasaan.
21.
Pendidikan menurut Driakara
Pendidikan adalah
memanusiakan manusia muda atau pengangkatan manusia.
22. Pendidikan menurut W.P. Napitulu
Pendidikan adalah
kegiatan yang secara sadar, teratur, dan terencana dalam tujuan mengubah
tingkah laku ke arah yang diinginkan.
Kesimpulan :
Menurut
saya, pendidikan adalah proses dimana seseorang belajar bersikap, berperilaku (membentuk kepribadian) dan belajar
bersosialisasi dengan orang-orang disekitar kita terutama dalam masyarakat.
Lingkungan sekitar kita juga sangat berperan dalam pembentukan kepribadian,
sehingga belajar tentang pendidikan tidak hanya di sekolah tetapi bisa dimana
saja, seperti dimasyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar